Memilih Rumah Idaman


Rumah bagi sebuah keluarga adalah segala-galanya, kehidupan keluarga tidaklah lengkap tanpa adanya tempat berlindung, berkumpul dan berbagi kebahagiaan pada seluruh anggota keluarga. Rumah idaman selalu menjadi prioritas bagi keluarga, khususnya pasangan muda yang baru memulai kehidupan bersama.

Apabila saat ini kita berminat untuk memanfaatkan kesempatan mendapatkan sebuah rumah idaman yang sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum kita membuat keputusan.

Yang Harus Diperhatikan :

  1. Lokasi – Lokasi merupakan hal yang paling penting untuk kita perhatikan. Lokasi rumah yang jauh dari tempat-tempat aktivitas sehari-hari kita akan membuat kita kesulitan dalam beraktivitas. Kita hendaknya mengestimasi terlebih dahulu daerah mana yang sekiranya cocok sebagai daerah hunian kita.
  2. Pembiayaan – Untuk mendaatkan rumah idaman tentunya tidak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah, dan banyak diantaranya memanfaatkan fasilitas kredit dari bankp untuk memiliki sebuah rumah idaman. Disini kita harus cermat dalam memilih fasilitas pembiayaan yang didapat dari sumber luar seperti kredit kepemilikan rumah. Pemilihan fasilitas KPR akan memberikan kita kemudahan dalam melakukan pembayaran KPR dan juga proses-proses jual beli rumah tersebut.
  3. Pengembangan – Apabila kita hendak membeli sebuah rumah, hendaknya diperhatikan juga apakah ada rencana pengembangan rumah tersebut dimasa yang akan datang. Hal ini diperlukan terutama apabila kita akan membeli rumah bekas. Rencana pengembangan rumah ini akan turut menguras keuangan kita apabila tidak kita antisipasi sejak awal.
  4. Pengembang– Dalam hal pembelian perumahan baru, ada kalanya kita harus mengenal siapa pengembang perumahan tersebut agar memudahkan kita dalam hal pengurusan rumah, baik mulai dari jual beli, bagaimana komitmen pengembang tersebut untuk mengembangkan perumahan kita, dan lain sebagainya.
  5. Fasilitas – Selain lokasi yang strategis sesuai dengan kebutuhan kita, fasilitas perumahan yang mudah dan dapat diakses dengan mudah juga menjadi sebuah syarat yang penting. Fasilitas umum yang memadai akan sangat membantu kita dalam beraktivitas sehari-hari.
  6. Biaya yang akan dikeluarkan – Terkadang kita suka berusaha membeli rumah yang jauh dari kebutuhan kita dalam hal spesifikasinya, seperti membeli rumah yang terlalu besar, terlalu jauh dari tempat kerja/sekolah, biaya-biaya lainnya yang akan sangat membebani kita. Ada baiknya kita pertimbangkan lagi potensi-potensi biaya yang akan kita keluarkan sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah rumah.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s