Kloset jongkok lebih baik dari kloset duduk


kloset jongkokSaat ini, umum kita lihat di mall, gedung bertingkat dan bahkan dirumah-rumah menggunakan kloset duduk. Kloset duduk ini dipergunakan untuk menggantikan kloset jongkok yang terkesan kuno dan jorok meski tidaklah demikian. Penggunaan kloset duduk memang memberikan kesan modern dan bersih karena bisa ditutup dan terlihat mewah. Namun tahukah anda bahwa kloset duduk tersebut tidaklah lebih baik dari kloset jongkok.

Seperti dikutip dari harian online Kompas, dalam sebuah kajian yang dikemukakan oleh Dr Saeed tidak dan juga banyak ahli dari berbagai negara yang mengkaji perbandingan ini sejak 1980-an lalu. Hasil temuan para ahli ini serupa, yakni pertama, posisi jongkok membuat pembuangan lebih lancar dan tuntas. Pasalnya, otot-otot sekitar usus besar lebih nyaman bekerja karena otot paha saat jongkok ikut membantu peregangan. Hal ini dapat mencegah terjadinya hernia.

Kedua, saat posisi duduk dan mengejan, ada beberapa syaraf rentan terkena tekanan misalnya syaraf kandung kemih, prostat, dan rahim. Sementara posisi jongkok melindungi syaraf-syaraf tersebut dari kerusakan.

Ketiga, ketika seseorang dalam posisi jongkok, katup antara usus besar dan usus kecil menutup. Sehingga, mencegah usus kecil terkontaminasi bakteri dari usus besar.

Keempat, khususnya bagi ibu hamil, posisi berjongkok menghindari rahim tertekan ketika membuang air. Jika dilakukan setiap hari, maka akan membantu persalinan secara normal. Posisi jongkok juga merupakan posisi alami manusia saat melahirkan.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s