SMAN 6 Jakarta antara tradisi tawuran dan penghasil lulusan top


Akhir-akhir ini SMAN 6 Jakarta heboh dengan berita tawuran antara pelajar yang mengeroyok beberapa wartawan media nasional yang sedang meliput aksi tawuran pelajar. Cerita tawuran ini akhirnya merambah pada cerita sebuah “tradisi unik” dari SMAN 6 Jakarta ini.

“Tawuran disitu bagian dari tradisi yang terus ditradisikan. Dulu semester pertama saya sudah dikondisikan tawuran dengan SMAN 70, itu chauvinisme, faktor solidaritas,” kata Mahfudz bercerita kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/9/2011) sebagaimana dkutip dari media Okezone.

Sepertinya tradisi ini dijadikan ajang “ospek” bagi anak-anak baru untuk mengadu nyali bertarung dengan SMA lain yang ada disekitar mereka. Anak-anak senior biasanya yang suka membuat masalah, dan selanjutnya anak baru yang disuruh berkelahi, lanjut Mahfudz.

Disisi lain, hampir tidak terhitung banyaknya orang-orang terkenal yang menjadi lulusan SMAN 6 ini yang juga sering dikabarkan menjadi sekolah favorit anak-anak pejabat ini. Mulai dari artis hingga politikus sudah masuk dalam barisan alumnus sekolah ini. Katakanlah, Adnan Buyung Nasution, Ayu Azhari, Bams Samsons, Hikmahanto Juwana, Linda Gumelar, Mahfudz Siddiq, Maudy Koesnaedi, Najwa Shihab dan masih banyak lagi.

Sepertinya, apa yang terjadi di SMAN 6 ini adanya sebuah kesalahan sistematis terhadap pola pendidikan yang ada di Indonesia, mulai dari pembiaran tradisi tawuran, guru-guru yang tidak bisa menjadi panutan, hilangnya toleransi yang dulu sangat populer dan masih banyak lagi yang secara langsung maupun tidak langsung kita sudah mengajarkan sebuah tradisi salah kepada gererasi muda bahwa nilai-nilai adat ketimuran sudah ketinggalan jaman.

* Sebuah opini atas hilangnya watak dan budaya Indonesia

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s