Menguap ternyata bisa menurunkan suhu otak


menguap turunkan suhu otak Menguap biasanya dianggap orang sebagai tanda-tanda bahwa dia mengantuk, dan memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, berdasarkan penelitian, ternyata menguap juga berfungsi untuk menurunkan dan mendinginkan suhu otak. Bagaimana caranya?

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Andrew Gallup, seorang peneliti di Departemen Ekologi & Evolusi Biology Universitas Princeton yang pertama kali melibatkan manusia dalam penelitian bahwa perbedaan frekuensi menguap seseorang tersebut pada setiap musim yang berbeda dan kecenderungan manusia menguap disaat suhu udara melebihi temperatur tubuh saat itu.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Gallup dan asistennya Omar Eldakar, yang ditulis di Jurnal bulanan Frontiers in Evolutionary Neuroscience menyebutkan adanya indikasi yang berbeda pada proses menguap pada musim yang berbeda merupakan sebuah mekanisme untuk menyesuaikan suhu otak.

Pada laporan penelitian tersebut, Gallup menggunakan 160 responden, dimana dibagi menjadi 2 yang masing-masing untuk musim dingin dan musim panas. Dari sana diketahui bahwa responden memiliki kecenderungan menguap lebih banyak pada musim dingin dibandingkan pada musim panas. Para peneliti tersebut juga menyimpulkan bahwa suhu yang hangat tidak terkait dengan suhu otak yang berlebihan.

Sebuah hipotesa menguap pun dibuat bahwa proses menguap ini dipicu oleh naiknya suhu otak yang secara psikologis manusia cenderung untuk menguap. Efek pendinginan ini diduga berasal dari aliran darah yang lebih banyak ke otak akibat peregangan rahang dan pertukaran arus panas tubuh dengan udara sekitar tubuh melalui mekanisme nafas dalam-dalam dan juga mulut yang terbuka disaat menguap.

diolah dari Sciencedaily

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s