Stop merokok, cegah pikun


Merokok bagi hampir sebagian besar masyarakat indonesia merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terbukti tingkat konsumsi rokok yang sangat tinggi bahkan hanya kalah dengan konsumsi makanan sehari-hari. Bahkan tak jarang bisa kita jumpai perokok anak-anak. Namun tahukah Anda bahwa berhenti merokok, bisa mencegah hilangnya ingatan harian atau pikun?

Dari sebuah jurnal penelitian Drug and Alcohol Dependence edisi September ini, Sciencedaily.com melansir sebuah penelitian yang diprakarsai oleh para peneliti dari Northumbria University, menyimpulkan bahwa berhenti merokok dapat memulihkan ingatan harian dari seseorang.

Dari penelitian yang menggunakan sampel 27 orang perokok aktif, 18 orang mantan perokok dan 24 orang yang tidak pernah merokok, diberikan tes berupa tes ingatan singkat dengan cara tour ke gedung Northumbria University, selanjutnya diberi pertanyaan yang mengharuskan responden untuk menggali ingatan mereka tentang perjalanan mereka selama tour tersebut secara spesifik.

Hasilnya, hasil tes terhadap ingatan perokok berada paling bawah dan rendah, hanya 59% pertanyaan dari perjalanan tersebut yang bisa diingat oleh para perokok, sedangkan mantan perokok mampun mengingat 74% dari apa yang mereka dapatkan selama tour, dan orang yang tidak merokok memiliki ingatan yang paling baik yang bisa mengingat sekitar 81% aktivitas selama tour tersebut.

Dr Tom Heffernan yang menjadi bagian dari Drug and Alcohol Research Group di Northumbria University berkata : “Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa berhenti merokok memiliki keuntungan yang luar biasa pada kesehatan tubuh, tetapi dengan adanya penelitian ini juga menunjukkan bahwa berhenti merokok juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap fungsi kognitif seseorang”

Jadi, masih ingin merokok?

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s