Celah keamanan yang terbuka lebar di Android HTC


Sebuah posting terbaru di Android Police mengejutkan banyak penggemar Android, khususnya HTC, setelah terungkap adanya sebuah celah keamanan yang cukup krusial pada aplikasi Android yang disematkan pada ponsel HTC.

Adalah Artem Russakovskii, Justin Case dan Trevor Eckhart yang berhasil menemukan sebuah celah yang berasal dari sistem log yang mampu merekam hampir semua aktivitas yang dilakukan oleh smartphone HTC yang dapat diekspos dengan mudah tanpa melalui ijin dari pemilik smartphone HTC.

Normalnya semua aplikasi yang diinstal ke smartphone Android haruslah melalui “ijin” dari user agar user dapat mengetahui dan menyetujui berbagai aktivitas aplikasi yang ada. Namun tidak demikian dengan aplikasi pada smartphone HTC. Pada beberapa seri smartphone HTC seperti EVO 4G, EVO 3D, Thunderbolt, EVO Shift 4G dan mungkin beberapa seri Android HTC lainnya, sudah terinstal sebuah aplikasi yang bernama htclogger.apk yang mampu merekam data alamat email User, lokasi gps, nomor telepon, data sms termasuk nomor telepon didalamnya, notifikasi, ip address dan lain sebagainya. Selanjutnya aplikasi ini bisa dibuka oleh siapa saja yang mengaksesnya tanpa adanya perlindungan keamanan.

Meski demikian, peneliti diatas hanya menekankan bahwa smartphone HTC yang memakai firmware bawaan HTC, Sense. Dan sepertinya pengguna smartphone HTC harus lebih berhati-hati dalam menginstall program.

Posted from WordPress for Android

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s