Data Digital, sebuah evolusi informasi yang terekam dalam piringan data sejarah


Data digital, sebuah trend evolusi konten yang memasuki dunia baru, yakni dunia adigital. Dulu, sebelum munculnya era digital, konten yang ada ditulis dalam sebuah lembaran kertas atau media cetak lainnya. Konten tersebut juga disimpan dalam sebuah tempat yang membutuhkan ruang yang luas untuk menyimpan konten yang sangat banyak. Kini tidak lagi, konten atau data bisa disimpan dalam sebuah format digital.

Perkembangan teknologi digital melahirkan satuan data mulai dari bit, byte, kilobyte (KB), megabyte (MB) dan seterusnya. Perkembangan jumlah data yang semakin banyak pun diikuti dengan perkembangan media penyimpanannya, sebutlah hardisk yang ditemukan pada 1956 oleh IBM, Audio tape di tahun 1963, floppy disk atau disket sejak tahun 1971 dan media lainnya yang awalnya hanya dalam hitungan kilobyte, namun saat ini sudah mencapai terabyte.

Data digital terus mengalami penambahan jumlahnya, berbagai istilah jumlah datapun mulai bermunculan, mulai dari Petabyte, Exabyte, Zettabyte, Yottabyte dan jumlah yang tidak terhitung, Bytebyte

Ingin lebih tahu tentang jumlah data didunia? Sweat & Pixel menyajikan detilnya.

A Brief History of Digital Data from Sweat & Pixels on Vimeo.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s