Kenapa berhenti merokok itu susah


berhenti merokok

Dikalangan perokok apalagi perokok berat, kebiasaan merokok merupakan sebuah ritual tersendiri. Bagi sebagian mereka menganggap bahwa rokok bahkan lebih penting dibandingkan makan. Namun, sebagian orang yang sudah menjadi perokok, merasa sulit untuk berhenti, mengapa?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Duke University Medical Center menemukan sebuah alasan mengapa perokok sulit untuk berhenti merokok.

Selama penelitian, mereka meneliti aktivitas otak dari responden selama melakukan aktivitas merokok secara normal dan juga dalam rentang waktu 24 jam setelah responden tersebut berhenti merokok. Pada rentang waktu selama tidak merokok, responden diberi rangsangan dengan melihat foto orang sedang merokok.

Para peneliti tersebut menggunakan sebuah alat yang mampu menggambarkan perubahan aktivitas otak yang terjadi selama responden tidak merokok. Hasilnya, pada saat berhenti merokok, daerah otak yang berfungsi untuk mempelajari kebiasaan atau hafalan bereaksi secara otomatis terhadap rangsangan untuk merokok. Dengan demikian sebenarnya masalah kebiasaan merupakan suatu faktor yang penting yang dapat membantu perokok untuk dapat menjauhi rokok.

sumber

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s