Google Drive, Online storage alternatif baru di dunia maya


Beberapa hari ini, dunia maya dihebohkan dengan kabar akan dirilisnya media penyimpanan online milik Google yang diberi nama Google Drive.

Beberapa pihak mencoba berspekulasi tentang keberadaan Google Drive ini. Bahkan beberapa media mengabarkan bahwa “mainan” baru Google ini akan segera diluncurkan pertengahan atau akhir April ini.

Google Drive ini sepertinya dibuat oleh Google untuk menyaingi popularitas beberapa media penyimpanan online yang cukup tenar dan mulai mendapatkan popularitasnya sebagai alternatif penyimpanan file yang lebih fleksibel dibandingkan menyimpan di dalam hard drive. Katakanlah Dropbox, SkyDrive dari Microsoft, CloudDrive dari Amazon, dan iCloud dari Apple dan masih banyak lagi.

Media penyimpanan online yang juga biasa di sebut cloud storage ini sudah menjadi tren seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan penyimpanan akibat meningkatnya popularitas smartphone yang bisa dipergunakan untuk mengakses file-file secara online.

Kembali ke Google Drive, layanan cloud ini sebenarnya bukanlah hal baru, pada tahun 2007 sudah pernah muncul GDrive dimana user dapat menyimpan data secara online pada media penyimpanan online Google, dan bahkan sempat storage Gmail mampu dijadikan tempat untuk menyimpan file, meski sudah tidak diketahui kelanjutannya.

Rumor Google Drive ini memunculkan angka 2 GB yang diberikan gratis oleh Google kepada para penggunanya dan ada juga yang melansir bahwa layanan cloud ini diberikan sebanyak 5 GB secara gratis. Rumor tersebut diperkuat dengan adanya image capture yang memperlihatkan kapasitas penyimpanan gratis Google Drive seperti dilansir oleh Talk Android.

Bocoran Google Drive

Akankah Google Drive ini bisa eksis secara nyata dan mampu menyaingi layanan cloud lainnya? kita lihat saja

One Comment Add yours

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s