Nenek moyang orang madagaskar ternyata berasal dari Indonesia


penduduk madagaskarnenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa

angin bertiup layar terkembang
ombak berdebur di tepi pantai
pemuda b’rani bangkit sekarang
ke laut kita beramai-ramai

Itulah lagu yang saat ini pas untuk menggambarkan hasil penelitian terbaru yang menyimpulkan bahwa penghuni pulau madagaskar ternyata mempunyai persamaan keturunan dengan orang Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti yang dilansir dalam jurnal Proceedings of The Royal Socety (April, 2012) menyebutkan bahwa penduduk asli Madagaskar memiliki hubungan darah dengan penduduk Indonesia.

Studi yang dilakukan sejak tahun 2005 tersebut, dilakukan dengan melakukan pencocokan DNA. 2.745 sampel penduduk Indonesia yang berasal dari 12 pulau; Sumatera, Nias, Mentawai, Jawa, Bali, Sulawesi, Sumba, Flores, Lembata, Alor, Pantar dan Timor, dicocokkan dengan 266 sampel penduduk Madagaskar yang berasal dari tiga kelompok besar etnik yang dibedakan berdasarkan budaya dan tempat tinggal, yaitu: Mikea (pemburu), Vezo (nelayan), dan Merina (dataran tinggi).

Hasil penelitian tersebut menunjukkan, dari 2.745 sampel DNA Indonesia, 45 orang membawa motif Malagasi. Di mana motif tersebut terdapat pada 58 sampel dari 226 total sampel penduduk Madagaskar. Hasil uji DNA ini membuktikan adanya hubungan darah antara penduduk Madagaskar dan Indonesia. Bagaimana DNA menghubungkan seseorang dengan nenek moyangnya?

Beberapa peneliti berasumsi datangnya nenek moyang madagaskar yang berasal dari kapal dagang pelaut Indonesia yang karam didekat pulau tersebut dan kemudian sebagian diantaranya selamat dan kemudian menjadi penghuni pertama pulau tersebut.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s