Gmail Meter, aplikasi statistic analytics untuk email Anda


gmail meter Gmail, sebagai salah satu email account terpopuler yang sangat banyak dipakai oleh netter diseluruh dunia, terus melakukan evolusi layanannya agar lebih memudahkan usernya untuk mengelola data email yang mereka miliki. Salah seorang kontibutor utama Google Apps Script aplikasi yang dinamakan Gmail Meter yang mampu menganalisis data email user dengan tampilan yang mirip dengan tampilan data statistik website.

Romain Vialard, sang kontributor tersebut, menyusun sebuah script yang berjalan secara otomotis disetiap awal bulan dengan cara mengirimkan sebuah email yang berisi data statistik mengenai aktivitas inbox email sang user. Dengan adanya Gmail Meter ini, user dapat menganalisa perilaku user dalam mengirimkan dan menerima pesan.

Beberapa aktivitas email yang dapat dipantau adalah :

  • Statistik jumlah email, dimana fungsi ini akan menampilkan jumlah email penting yang masuk dan juga email dengan prioritas (starred), jumlah pengirim email dan lain sebagainya. Fungsi statistik ini sangat berguna untuk menentukan bagaimana cara kita untuk lebih mengefisiensikan inbox kita termasuk email-email prioritas.
  • Daily Traffic, data ini akan menampilkan estimasi jumlah email yang terkirim atau kita terima dalam jangka waktu sebulan.
  • Data Traffic Pattern ini akan menunjukkan keseluruhan tren pengiriman maupun penerimaan email selama satu minggu.
  • Email Categories, data ini akan menampilkan bagaimana cara kita mengelola data email yang sedemikian banyak, termasuk dengan penggunaan label email.
  • Time Before First Response, data ini akan menampilkan seberapa lama respon kita membalas email orang lain, dan juga berapa lama orang lain akan me-reply email kita.
  • Word Count, data ini akan menampilkan kebiasaan dalam menulis sebuah email, data ini akan menampilkan data tren jumlah kata yang ada didalam setiap email kita.
  • Thread Lengths, data ini akan sangat membantu kita untuk dapat mengetahui siapa saja pengirim, pengirim email balasan terbanyak dan siapa saja penerima email dalam sebuah rangkaian percakapan email yang panjang.

Untuk mengaktifkan fitur ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan

  • Masuk ke Google Google Docs dan kemudian buka halaman Spreadsheet.
  • Klik menu Tools > Script Gallery kemudian cari menggunakan keyword “Gmail Meter” klik tombol Install. Kita akan melihat item baru yang bernama Gmail Meter pada halaman Spreadsheet kita.
  • Klik dibagian Gmail Meter > Get a Report. Selanjutnya kita dapat memilih jenis report yang kita inginkan. Setelah menunggu proses pengumpulan report, kita akan segera menerima email yang berisi data statistik email kita.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video dibawah ini

Dan sepertinya aplikasi kecil ini akan sangat bermanfaat bagi kita yang memiliki aktivitas email keluar dan masuk yang sangat tinggi. Tertarikkah Anda?

sumber

3 Comments Add yours

  1. ruangkelas mengatakan:

    Keren sob….btw bloga agan keren bener gimana cara bikinnya gan?

    Suka

    1. dulgenuk mengatakan:

      Wah punya agan jauh lebih keren tuh… Ane cuma pake templatenya wordpress… Sorry linknya ane hapus… Kalo mau barter link di blogroll aja gan…

      Suka

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s