Fitur baru yang sedikit “menyebalkan” dari Facebook


Baru-baru ini Facebook melakukan update aplikasi mobilenya untuk platform Android. Update kecil tersebut ternyata terselip sebuah fitur baru yaitu kemampuan untuk berbagi foto dan pesan melalui dari home screen gadget Android melalui penambahan fitur kamera yang terintegrasi dengan facebook yang dapat diakses melalui shortcut kamera. Selain itu penambahan Facebook Messenger app yang dibuat terpisah iconnya yang memungkinkan pengguna Android langsung melakukan chatting melalui icon tersebut. Selain itu ada beberapa update lainnya yang relatif minor.

Dua fitur diatas yang cukup mendapat keluhan dari pengguna Android, pertama shortcut kamera ini sebenarnya akan menampilkan sebuah aplikasi kamera yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan karena sudah banyak aplikasi kamera lainnya. Selain itu, minimnya menu pilihan yang bisa dipakai oleh pengguna seperti image adjustment, image resolution, timer dan fitur editing foto lainnya. Fitur kamera ini hanya berfungsi untuk mengambil gambar dan menguploadnya ke Facebook. Tentunya ini adalah sebuah aplikasi “yang tidak berguna” karena hanya akan menambah alokasi memory internal yang harus dipakai untuk menyimpan aplikasi ini, apalagi smartphone Android low end yang memory internalnya cenderung kecil.

Selain itu, fitur Messenger App yang dibuat terpisah dengan Facebook app menyebabkan adanya dua fitur yang sama namun terpisah, yakni Messenger app dan Facebook messenger yang terintegrasi dalam Facebook app. Hal ini kembali membuat “kebingungan” aplikasi yang mana yang akan digunakan selain tentunya akan menambah space memory internal yang terpakai oleh seluruh aplikasi Facebook ini.

Selain fitur “menyebalkan” tersebut, kini Facebook juga menambahkan Group Chat yang memungkinkan pengguna Android untuk membuat dan mengikuti Group Chat yang dibuat orang lain. Selain itu peningkatan performance aplikasi Facebook app dan beberapa perbaikan bug, meski beberapa pengguna melaporkan tidak mengalami peningkatan performa, dan sebagian malah mengalami “crash”.

Beberapa pengguna Android yang merasa kecewa dengan beberapa update tersebut, melaporkan akan menghapus aplikasi Facebook resmi tersebut dan beralih ke aplikasi ketiga untuk mengakses Facebook seperti Friendcaster, TinFoil for Facebook dan lain sebagainya. Bagaimana dengan Anda?

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s