Makanan pedas ternyata juga ga kalah menyehatkan lho


Makanan pedas yang juga menyehatkanMakanan pedas, ehmm… yummy..

Bagi sebagian orang makanan pedas akan selalu membuatnya lapar dan menarik minat orang untuk menjajal kepedasannya. Kepedasan makanan akan membuat orang akan selalu ketagihan meski banyak diantara mereka harus merasakan efek negatif akibat memakan makanan pedas seperti sakit perut, sakit maag dan lain sebagainya. Meski demikian makanan pedas ternyata juga mneyehatkan.

Dalam sebuah penelitian, ternyata konsumsi makanan pedas dalam kadar tertentu juga bisa menimbulkan manfaat yang baik bagi kesehata tubuh. Apa saja?

Melangsingkan Tubuh : Bahan makanan pedas seperti cabe diketahui mengandung Capsaicin yang dapat mempercepat metabolisme tubuh dan juga membakar kalori lebih cepat. Hal ini lebih dikarenakan Capsaicin dapat meningkatkan suhu tubuh dan mempengaruhi peningkatan detak jantung. Selain mempengaruhi detak jantung, makanan pedas juga membantu tubuh melarutkan darah yang membeku. Selain itu, dengan adanya konsumsi cabe, kolesterol jahat yang yang dikenal dengan low-density cholesterol (LDL) tidak dapat teroksidasi, sehingga mencegah penyumbatan arteri.

Anti Kanker : Banyak penelitian yang mengidikasikan bahwa mengonsumsi makanan pedas secara teratur dalam mengurangi risiko kanker. Capsaicin yang terkandung didalamnya mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Di beberapa negara yang mempunyai kesukaan mengonsumsi makanan pedas cenderung memiliki rata-rata pengidap kanker yang lebih rendah.

Melancarkan pencernaan: Rempah-rempah juga melancarkan pencernaan Anda karena mereka meningkatkan sekresi klorida didalam perut Anda. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan aliran darah ke perut dan bahkan meningkatkan lapisan lendir. Capsaicin juga membantu untuk membunuh bakteri seperti H. pylori dan membantu untuk mencegah atau menyembuhkan bisul perut.

Dingin dan Flu: Capasicin dapat menimbulkan munculnya keringan dan mengurangi ketidaknyamanan saat mengalami gejala pilek dan flu. Kandungan Capasicin juga dapat mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya. Selain itu juga bertindak sebagai ekspektoran, dan dapat membantu penderita asma, bronkitis kronis, emfisema, sinusitis, dan kondisi pernapasan lainnya sehingga bernapas lebih mudah

Membantu memperbaiki Pola Tidur: peneliti Australia telah menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan pedas akan tertidur lebih mudah. Mereka juga terbangun lebih mudah dan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari.

Meningkatkan rasa nyaman : Cabe paprika dapat meningkatkan tingkat endorfin dan serotonin yang menumpulkan rasa sakit dan memberi kita rasa nyaman dan bahagia, sehingga dapat mengurangi stress.

Tidak ada salahnya mencoba merasakan manfaat dari makanan pedas bukan?

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s