10 Pikiran Negatif yang akan melemahkan kita – Bagian 2


Pola pikir negatif yang akan menyebabkan kita akan kehilangan semangat, menumbuhkan antusiasme dan bahkan kebahagiaan. Selain 5 pola pikir yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa pola pikir yang bisa menjurus kepada hal yang negatif :

  1. Merasa selalu mengalami hal buruk
    Sesuatu hal buruk pasti akan menimpa setiap manusia dan itu wajar, namun selalu merasa mendapatkan hasil yang buruk (paling tidak dalam penilaiannya) akan menyebabkan turunnya antusiasme dan motivasi untuk bangkit. Seharusnya, pengalaman buruk tersebut tidak boleh terlalu didramatisir karena setiap hal yang buruk tersebut pasti akan segera berlalu, dan sesuatu yang buruk merupakan kesempatan baik bagi kita untuk belajar berkembang dan menjadi kuat dalam mengarungi kehidupan.
  2. Membanding-bandingkan dengan orang lain
    Pola pikir yang membandingkan satu orang dengan orang lain ini biasanya terjadi didalam sebuah keluarga. Orang tua membanding-bandingkan anak yang satu dengan anak yang lain atau kita sendiri membandingkan diri dengan orang lain yang lebih sukses. Hal ini akan membuat perilaku yang cenderung negatif. Bahwa setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing, misalnya kita dalam satu sisi pasti kita memang punya kekurangan, namun jangan pernah menganggap orang lain itu selalu mempunyai kelebihan. Andai kita mau berusaha untuk menggali potensi diri, niscaya akan menemukan sebuah kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.
  3. Merendahkan dan Menghina
    Tindakan dan pola pikir yang selalu merendahkan dan menghina orang lain, pada gilirannya tidak hanya berefek negatif terhadap orang yang dihina tersebut, namun juga berdampak pada diri sendiri. Selain hal ini hanya membuang-buang waktu secara percuma, juga effort yang telah kita keluarkan untuk menghina orang lain tersebut tidak akan mengakibatkan efek lanjutan yang positif. Dan sejujurnya, kebiasaan berkomentar negatif hanya akan membuat kita tidak bisa melihat apapun secara positif. Belajar mencari sebuah pemecahan masalah yang membangun tanpa perlu mengeluarkan komentar yang negatif akan cenderung lebih memudahkan kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.
  4. Membalas kemarahan orang lain dengan cara yang sama
    Jika kita mengalami sebuah masalah yang mengakibatkan kita harus mendapatkan sebuah hinaan atau kemarahan dari orang lain, kita tidak perlu membalasnya dengan perlakuan yang sama. Membalas perlakuan orang lain tersebut sebenarnya kita larut dalam masalah orang lain. Bisa jadi sumber kemarahan itu memang bukan berasal dari kita, namun kita yang menjadi obyek kemarahan, bila kita kita membiarkan diri kita ikut marah dalam situasi ini maka kita hanya akan menambah masalah pribadi kita. Solusi terbaik adalah, kita harus berusaha untuk mampu menahan emosi dan berusaha mengerti permasalahan yang muncul, dengan begitu kita bisa melanjutkan hari dengan lebih nyaman.
  5. Merasa tidak mampu melakukan sesuatu
    Dalam melakukan sebuah pekerjaan terkadang kita merasa tidak mampu untuk menyelesaikannya meski kita belum pernah mencobanya. Padahal bisa jadi sebenarnya bukan kita tidak bisa namun kita tidak mau menyelesaikan pekerjaan tersebut terutama bila pekerjaan itu relatif sulit dan butuh perhatian besar. Mengulur-ulur penyelesaian pekerjaan pun bisa menjadi pelarian dari ketidakmauan tersebut yang selanjutnya hanya akan mempersulit diri sendiri dan membuang-buang waktu. Jadi solusi yang bisa kita lakukan adalah just do it, lakukanlah semampu kita, biarlah hasilnya muncul belakangan, baik atau buruk masih ada waktu kita untuk memperbaiki.

So, saatnya kita menghapus pola pikir negatif yang ada diatas. Budayakan hidup positif!!

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s