Akhirnya, Google Drive siap bersaing di arena Cloud Storage


Setelah hangatnya rumor bahwa Google punya “mainan baru” yang diberi nama Google Drive, akhirnya Google Drive siap untuk meramaikan persaingan di arena Cloud Storage. Ya, Google Drive yang seperti diperbincangkan sebelumnya, dibekali dengan cukup amunisi berupa fitur-fitur yang sangat menarik. Apa saja?

Media penyimpanan sebesar 5 GB yang disedia secara gratis untuk masing-masing pengguna yang dapat diupgrade sampai dengan 16 TB tentunya akan sangat bermanfaat baik bagi user individual maupun korporasi yang membutuhkan alokasi penyimpanan yang besar. Selain itu, kemampuan untuk berkolaborasi, yakni Google Drive mampu berbagi file dengan banyak user sekaligus dapat langsung melakukan editing data secara online oleh semua user dan juga dapat dilakukan dari berbagai macam device seperti komputer, notebook, tablet maupun smartphone.

Editing secara online ini dimungkinkan karena Google Drive ini terintegrasi dengan Google Docs sehingga tidak memerlukan aplikasi lokal dan tidak perlu mengunduh file terlebih dahulu sebelum diedit. Dalam pengelolaan dokumen, sebuah dokumen yang disimpan di Google Drive dapat dibuka orang banyak user sekaligus pada saat yang bersamaan dan segala perubahan yang terjadi dalam dokumen tersebut bisa langsung dilihat secara realtime oleh user yang lain.

Fitur Sharing dokumen ini pun juga memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah diskusi berupa komentar atau feedback terhadap dokumen yang tersimpan di Google Drive sebagai media kolaborasi dan mempercepat pembuatan dokumen. Selain itu, segala perubahan yang terjadi selama 30 hari terakhir masih dapat dilihat karena Google Drive akan secara otomatis menyimpan setiap perubahan yang terjadi.

Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah integrasi Google Drive dengan aplikasi Gmail dan juga Google+ yang memungkinkan kita untuk melakukan attachment langsung dari Google Drive dan juga melakukan sharing file di Google+. Fitur andalan Google, yaitu mesin pencari yang dikenal handal juga hadir yang memungkinkan pencarian dokumen yang cepat dan juga mampu melakukan filtering hasil pencarian.

Lebih dari 30 jenis file yang dapat dibuka melalui Google Drive secara langsung melalui layar browser tanpa perlu menginstall aplikasi tertentu termasuk HD video, Adobe Illustrator dan Photoshop. Google Drive ini saat ini sudah mampu diakses melalui PC dan Mac serta tablet dan smartphone Android.

Sepertinya Google Drive akan mampu bersaing dengan cloud storage lain seperti Dropbox, SkyDrive dari Microsoft, CloudDrive dari Amazon, dan iCloud dari Apple.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s