Honda buat teknologi untuk mengatasi kemacetan


Kemacetan jalanan akibat pertambahan kendaraan yang terus meningkat dengan pesat dan tidak diiringi dengan penambahan lajur jalan membuat kemacetan bertambah parah, untuk itu, Honda membuat sebuah teknologi untuk mengatasi kemacetan jalan. Kemacetan yang jamak kita lihat dimana saja, terutama kota besar seperti Jakarta cukup banyak memberikan kerugian seperti terbuangnya bahan bakar secara percuma, hilangnya waktu beraktivitas dan lain sebagainya.

Teknologi baru Honda ini berusaha mendeteksi potensi kemacetana yang terjadi selama berkendara dan memberikan pengendara sebuah solusi bagaimana berkendara yang lebih baik sehingga mengurangi potensi yang bisa memperparah kemacetan jalan. Kedua sistem ini memonitor cara pengemudi menekan pedal gas dan rem di kendaraan untuk mengetahui cara mengemudi mana yang bisa menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Sistem ini memang tidak menyediakan informasi soal bagaimana menghindari kemacetan, tetapi bagaimana mengurangi potensi kemacetan dengan memonitor cara pengendara menekan pedal gas dan rem, cara mengemudi seperti apa yang bisa menyebabkan kemacetan.

Berdasarkan penentuan ini, sistem memberikan pengemudi dengan informasi memadai lewat display berwarna di dashboard mobil agar melajukan kendaraan dengan mulus yang akan membantu meringankan intensitas percepatan dan perlambatan kendaraan di belakang. Sehingga membantu untuk mencegah atau meminimalkan terjadinya kemacetan kendaraan.

Untuk mengetes keampuhan sistem ini Honda bekerja sama dengan Research Center for Advanced Science and Technology di University of Tokyo.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s