Iran bakal mengobral minyak murah jika sanksi berlanjut


Ditengah ancaman sanksi Amerika Serikat dan Uni Eropa terhadap program nuklir Iran terus membayangi, Kali ini kembali Iran mengancam akan mengobral stok minyak mereka dengan harga murah jika sanksi tersebut akan terus dilanjutkan.

Muhsin Qamsari, Direktur Hubungan Internasional Perusahaan Minyak Nasional Iran menambahkan saat ini beberapa perusahaan minyak Amerika Serikat berusaha menaikkan harga minyak dan menjaga agar harga minyak global tetap tinggi karena akan sangat menguntungkan perusahaan penyalur minyak yang banyak dimiliki oleh Amerika Serikat. Namun Iran akan berusaha memasok minyak dengan harga yang murah untuk bisa melawan pengontrolan harga minyak dunia oleh perusahaan AS.

Pada saat yang sama, Menteri Minyak Iran baru-baru ini mengatakan meskipun Iran sudah menghentikan penjualan minyaknya untuk Inggris dan Perancis, namun Iran terus menjual minyak mentah ke negara lain di dunia termasuk negara-negara Eropa tertentu.

Namun, Qasemi juga mengatakan, jika sanksi yang dikenakan kepada Iran tidak dicabut oleh mereka pada putaran perundingan nuklir berikutnya di Baghdad, maka Iran pasti memotong ekspor minyak ke seluruh Eropa. “kita pasti akan memotong minyak ke seluruh Eropa.” katanya.

Merespon ancaman Iran tersebut, seorang pejabat senior Uni Eropa pada Jumat, 20/04/12 mengatakan, negara-negara anggota Uni Eropa dalam dua bulan ke depan akan meninjau kembali penerapan sanksi dan embargo impor minyak Iran yang dijadwalkan akan berlaku pada tanggal 1 Juli nanti, Reuters melaporkan.

Negara-negara anggota Uni Eropa sepakat untuk meninjau kembali rencana embargo beberapa bulan ke depan, karena kekhawatiran dari dampak potensial terhadap harga minyak mentah dunia jika Iran benar-benar mencabut penjualan minyaknya ke Uni Eropa, sementara negara-negara tersebut kesulitan mencari pasokan alternatif seperti Yunani.

Dilaporkan, Blok Eropa mengimpor 18 persen dari jumlah 2,2 juta barel per hari produksi minyak Iran.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s