Xperia S, ponsel Android pertama Sony tanpa embel-embel Ericcson


Setelah resmi berpisah dengan Ericcson, Sony akhirnya meluncurkan smartphone Android terbaru yakni seri Xperia S yang melanjutkan suksesnya seri Xperia sebelumnya. Xperia S ini sendiri sudah diluncurkan di Indonesia sejak tanggal 13 April 2012 yang lalu. Apakah Xperia S mampu menandingi smartphone Android lain? kita lihat saja.

Xperia S yang dijual di Indonesia dengan label harga Rp 5.499.000 dilengkapi dengan aksesoris standar paket penjualan handphone. Handset yang memiliki layar 4,3 inci ini cukup nyaman digenggam meski bagian belakangnya terbuat dari plastik yang dibuat agak kesat.

Di bagian atas, terdapat tombol power/kunci dan jack audio 3,5mm. Tombol pengatur volume, port Micro-HDMI dan tombol kamera di bagian kanan. Sedangkan di sisi kirinya hanya ada port MicroUSB. Xperia S menyediakan memori internal 32GB dan tidak ada slot untuk penambahan memori eksternal. Slot SIM card-nya menggunakan nano SIM card.

Kamera

Kemampuan Sony dalam memproduksi kamera juga ditularkan dalam keluarga Xperia khususnya Xperia S ini. Dengan sensor 12MP dan Exmor R, Xperia S dapat menghasilkan foto-foto yang mengesankan. Ketika digunakan di lokasi yang kekurangan cahaya, sensor kamera dan LED flash mampu mengakomodir kebutuhan cahaya sehingga foto yang dihasilkan cukup terang.

Layara dengan resolusi tingi dan menggunakan Mobile Bravia Engine, sebuah teknologi yang juga digunakan di televisi Bravia dari Sony, mampu memberikan tampilan warna-warna yang sangat tajam dan mengagumkan. Sayangnya, ketika foto ditransfer ke komputer, maka warna foto itu tidak sebaik yang ditampilkan di layar smartphone.

Xperia S menjanjikan fitur unggulan dapat mengambil foto dengan cepat ketika smartphone dalam posisi “stand by”. Anda tinggal menahan tombol “capture” kamera di bagian sisi kanan, hanya dengan 1,5 detik, maka momen yang ingin Anda abadikan sudah terfoto.

Hasil rekaman video dari kamera belakang Xperia S mampu merekam video dengan kualitas Full HD 1080p. Hasil rekaman video cukup bagus, microphone dapat menangkap suara dengan baik. Hebatnya lagi, kamera Xperia S mampu meminimalisasi frame skip saat digunakan untuk merekam video dengan gerakan cepat. Sedangkan kamera depannya mampu merekam video dengan kualitas HD 720p.

Multimedia

Xperia S cukup kuat untuk memutar video dan bermain game, bahkan memainkan game kelas berat sekalipun. Selain itu, Xperia S juga dibekali sertifikat PlayStation, sehinggan penggunanya bisa mengunduh aplikasi PlayStation di Google Play, sesuai dengan ketersedian di masing-masing negara.

Kualitas audio yang dihasilkan dari speaker jernih dan unsur bass-nya bisa dirasakan, begitupun dengan kualitas earphone bawaan.

Daya tahan baterai

Xperia S dibekali kapasitas baterai yang terbilang besar, yakni 1750mAh. Namun, seperti smartphone Android pada umumnya, Xperia S pun terbilang boros. Apalagi, baterainya harus menopang performa prosesor dual core Qualcomm MSM8260 Snapdragon dengan clock speed tinggi 1,5GHz.

Dalam batas pemakaian wajar dan terkoneksi dengan internet data, Xperia S bisa bertahan sekitar 12 sampai 14 jam. Ketika menggunakan Wi-Fi untuk koneksi internet, maka tentu baterai akan lebih boros.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s