Pesawat Jet Masa Depan yang hemat energi


Kebutuhan jasa penerbangan saat ini sudah cukup tinggi. Teknologi pesawat pun juga sangat maju pesat. Namun, kebutuhan akan suplai pesawat jet yang hemat energi dan ramah lingkungan seperti kebisingan suara yang lebih rendah tentunya sangat dibutuhkan.

Sebagaimana dikutip dari popsci.com, beberapa perusahaan pembuat pesawat mencoba mendesain pesawat jet masa depan yang bisa mengatasi masalah diatas. Beberapa contoh pesawat yang didesain untuk ramah lingkungan dan hemat energi adalah :

konsep pesawat box wing jet
Box Wing Jet, Lockheed Martin
Insinyur Lockheed Martin mencoba mengembangkan konsep pesawat masa depan mereka tanpa meninggalkan bentuk dasar dari pesawat yang ada saat ini. Perubahan bahan baku pembuatan pesawat seperti bahan baku yang dipakai pada pesawat militer dan membuat konfigurasi sayap yang melingkar untuk meningkatkan daya angkat pesawat. Selain itu, mengubah mesin turbofan yang konvensional menjadi lebih efisien sampai dengan 22 persen. Penambahan konfigurasi sayap pesawat juga dianggap mampu mengurangi kebisingan karena mesin bisa bekerja dengan daya yang lebih rendah.

konsep pesawat supersonic green machine
Supersonic Green Machine, Lockheed Martin
Era pesawat super cepat Concorde yang sudah “almarhum” telah meninggalkan kenangan dan keinginan yang besar untuk mengulangi kesuksesan Concorde. Lockheed Martin pun mencoba membuat konsep pesawat mirip dengan pesawat super cepat Concorde dengan beberapa perubahan desain untuk menekan tingkat kebisingan, inefisiensi dan juga keborosan bahan bakar seperti yang dialami Concorde.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s