Benarkah minuman soda dapat menimbulkan osteoporosis?


Selama ini kita selalu dengar bahwa mengkonsumsi minuman soda dapat menimbulkan osteoporosis atau kerapuhan tulang, namun benarkah ada keterkaitan secara ilmiah antara soda dengan osteoporosis?

Sebagaian kalangan menganggap konsumsi minuman soda yang rutin dalam jumlah yang cukup banyak dapat mempengaruhi osteoporosis karena menurunnya asupan kalsium dari minuman seperti susu sehingga menyebabkan kekurangan kalsium dan akhirnya osteoporosis. Namun, ada penelitian bahwa sebenanya, keterkaitan antara minuman soda dengan osteoporosis adalah karena kandungan asam fosfat yang ada didalam minuman soda.

Asam fosfat (fosfor) sendiri mempunyai peranan yang penting didalam tulang manusia. Fosfor bersama kalsium dalam tubuh Anda membentuk kalsium fosfat, yang bertanggung jawab untuk membentuk struktur dan kekuatan pada tulang dan gigi.

Selain itu, Fosfor juga bertanggung jawab untuk mengatur kadar kalsium dalam darah Anda. Asupan fosfor yang tinggi dapat menghambat penyerapan kalsium pada usus yang pada gilirannya akan menstimulasi pelepasan hormon paratiroid, untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang berasal dari tulang yang akibatnya akan mengurangi kekuatan tulang dan berpeluang terkena osteoporosis.

Beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda:

  • Mengurangi minum minuman bersoda dan beralih minum susu agar terjadi keseimbangan antara konsumsi asam fosfat dengan kalsium
  • Memperbanyak sarapan sereal yang diperkaya dengan kalsium dan akan lebih baik ditambah dengan susu di atas.
  • Mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium (1000-1300 mg, tergantung pada usia anda) dalam diet Anda.
  • Melakukan latihan beban untuk memperkuat struktur tulang.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s