Shiri, robot “pantat” buatan jepang


Mendengar kata pantat diatas tentunya akan membuat kita tersenyum, apalagi kalau ternyata ada robot yang berbentuk pantat manusia yang dibuat oleh para insyinyur Jepang yang notabene Jepang adalah salah satu pembuat robot teraktif di dunia. Namun kenapa robot berbentuk pantat?

Shiri, itulah nama robot tersebut. Kata Shiri sendiri dalam bahasa Jepang berarti pantat. Entah apa yang ada dibenak para insinyur Jepang tersebut membuat sebuah robot yang tidak lazim tersebut. Namun, ternyata robot tersebut mempunyai “sisi emosional”. Kemampuan robot tersebut adalah mampu merespon semua rangsangan yang diterima dengan cara menggerakkan “otot-otot” yang dimiliki sedemikian rupa sehingga mirip respon yang ada pada manusia. Robot tersebut mampu mendeteksi sentuhan kita, tekanan yang kita berikan, bahkan juga pukulan yang kita lakukan pada robot tersebut.

Proyek robot yang dibuat oleh Nobuhiro Takahashi dan the University of Electro-Communications ini bertujuan untuk menampilkan berbagai ekspresi alamiah dari otot-otot buatan tersebut terhadap rangsangan yang kita berikan yang bisa menjadi gambaran bagaimana respon tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video dibawah ini.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s