Google buat website untuk jelaskan proses pengiriman email


Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana email yang dibuat dikirimkan kepada penerimanya. Sebagian mungkin hanya tahu email dikirim melalui server sebuah email provider ke provider lain, namun tidak banyak tahu bagaimana alurnya, dan seberapa besar pemakaian energi yang dipergunakan untuk pengiriman email.

Google sepertinya cukup kreatif dalam membuat sebuah kampanye maupun press release terkait dengan aktivitasnya. Kali ini, Google membuat sebuah website yang berisi animasi menceritakan bagaimana sebuah email terkirim dari peralatan elektronik seperti PC, Gadget dan lain sebagainya terkirim ke penerima melalui berbagai tahapan. Mulai dari data email Google (gmail) terkirim ke ISP yang kemudian langsung masuk ke data center milik Google yang terdekat yang kemudian akan disaring oleh data center untuk menjamin keamanan dan perlindungan terhadap email tersebut. Dan begitu seterusnya sampai dengan terkirim ke pc atau gadget penerima email yang dituju. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini.

Dibalik upaya kreatif Google untuk menunjukkan alur pengiriman email, ternyata tersimpan pesan bahwa Google sedang getol untuk menjadi green company dengan menggunakan seluruh sumber daya data center dengan energi yang alami dan ramah lingkungan.

Mulai dari penggunaan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya dan tenaga angin, penggunaan material elektronik yang sudah tidak terpakai (recycle) untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan seiring dengan tingginya perhatian masyarakat terhadap kerusakan lingkungan dan pemanasan global.

Di website tersebut, Google juga mengklaim bahwa data center yang dimiliki oleh Google merupakan data center yang paling efisien, yang menggunakan energi listrik 50% lebih rendah dibandingkan data center yang lain. Dan sejauh ini, Google sudah menginvestasikan uang sebesar 915 juta dollar untuk mendapatkan sumber energi terbarukan yang dapat digunakan untuk menghidupkan data center Google.

Untuk lebih mengenal data center dan juga menikmati animasi email, silahkan buka website Google tersebut, yang didalamnya juga tersedia video dan foto seputar data center Google.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s