Mobil listrik karya pandawa dan putra petir akan segera hadir


Senin kemarin, topik seputar mobil listrik karya Pandawa dan Putra petir menghiasi berbagai media. Menteri BUMN Dahlan Iskan yang memulai ide mobil listrik yang diawal pencetusan ide ini dinamai putra petir, benar-benar akan segera hadir dihadapan masyarakat Indonesia. Hebohnya pro kontra seputar kenaikan harga BBM yang disesalkan oleh Dahlan Iskan membuatnya pada 11 Maret 2012 yang lalu mencetuskan adanya ide mobil listrik yang akan menggantikan mobil konvensional yang berbahan bakar BBM.

Sejak hari itu, geliat mobil listrik terus membesar. Ribuan sukarelawan yang ingin mewujudkan mobil listik ini terus masuk melalui email yang dibuat oleh Dahlan Iskan yang kemudian mengerucut menjadi 4 orang anak negeri yang juga dijuluki sebagai putra petir, sanggup menyediakan dan mewujudkan mobil listrik idaman. Dan pada hari Jum’at (25/05) yang lalu, Presiden Susilo Bambang Yudoyono ikut ambil bagian dalam geliat mobil listrik nasional yang akan segera hadir tersebut.

Mobil Listrik
Ilustrasi Mobil Listrik
Tak tanggung-tanggung SBY yang menjamin kelanjutan proyek tersebut dengan memerintahkan para menterinya untuk segera mengeluarkan regulasi dan insentif untuk menyambut lahirnya mobil listrik buatan anak negeri ini. SBY pun juga sudah mendapat laporan hasil penelitian Universitas terkemuka di Indonesia yang menyatakan bahwa mobil listrik ini sudah layak untuk segera lahir karena momentumnya yang sudah tepat. Pasar yang sangat besar, keinginan yang kuat untuk mengurangi konsumsi BBM dan kemampuan anak negeri yang sebenarnya sangat potensial sudah cukup memberikan semangat atas hadirnya mobil listrik nasional.

Namun dibalik kehebohan tersebut, muncul 4 nama yang sudah cukup dikenal dan satu lagi anak nageri yang akan membaktikan dirinya untuk keberhasilan mobil listrik ini. Dengan hadirnya 1 orang baru ini, Dahlan Iskan pun menjuluki mereka sebagai Pandawa, yang mengambil dari tokoh pewayangan. Siapa sajakah mereka?

Pandawa yang pertama adalah Dasep Ahmadi, yang merupakan lulusan ITB dan juga sudah lama menekuni industri otomotif dan bahkan sudah pernah melahirkan mobil Mobira (Mobil Rakyat) dibawah naungan PT Sarimas Ahmadi Pratama. Saat ini dengan keahliannya dalam membuat mobil yang sepenuhnya dibuat sendiri mulai dari mesin hingga body mobil ini, Dasep sudah merancang tiga prototipe city electric car yang sekiranya akan cukup menarik. “Sudah hampir jadi. Sebulan lagi sudah bisa dikendarai. Bentuknya yang sudah kelihatan, mirip Avanza. Sudah dua kali saya mengunjungi workshopnya.” ujar Dahlan.

Nama yang kedua adalah Danet Suryatama, yang sudah 20 tahun bekerja di luar negeri dan bekerja sebagai engineer di perusahaan mobil di Amerika Serikat. Berbeda dengan Dasep yang membuat prototipe city car yang relatif lebih murah, Danet membuat mobil listrik bagi kalangan menengah keatas yang menginginkan mobil yang eksklusif sehingga memberikan kesan bahwa mobil listrik buatan anak negeri ini bukanlah mobil yang biasa saja. “Agar jangan ada anggapan mobil listrik itu ecek-ecek,” katanya. Dua bulan lagi mobil listrik mewah tersebut akan segera hadir.

Anggota Pandawa yang ketiga ini adalah Ravi Desai, Anak negeri yang lahir dan besar di Gujarat ini juga ikut ambil bagian dengan menyumbangkan ilmunya dengan melakukan modifikasi kendaraan yang sudah ada. Dua mobil Timor sudah ia siapkan dan mengganti seluruh mesinnya dengan motor listrik buatan Ravi. Mobil listrik ini pun sudah siap untuk mengaspal dua bulan lagi.

Bila ketiga Pandawa diatas membangun mobil listrik, Pandawa yang satu ini bekerja untuk membuat motor listrik. Ya, kendaraan roda dua favorit masyarakat Indonesia ini akan dibekali dengan mesin / motor listrik yang akan menjadi penggeraknya. Mario Rivaldi, spesialis sepeda motor listrik yang merupakan lulusan Inggris dan Jerman yang pernah di ITB sudah membuat sepeda motornya yang lolos uji sertifikasi dan sudah dipatenkan. Mario pun mengkalim bahwa motor listriknya jauh lebih baik dibanding motor serupa buatan China.

Dan Pandawa terakhir ini, akan menjadi nyawa dari kendaraan listrik diatas. Ya, Pandawa yang tidak disebutkan namanya ini akan membuat komponen motor yang akan dipakai diseluruh mobil dan motor listrik tersebut. Dia sudah memiliki belasan paten motor di luar negeri dan dengan kemampuannya dia akan mengajak mahasiswa yang akan menjadi tenaga yang handal untuk menjadi timnya. Dalam tiga bulan ke depan prototipe motornya akan lahir di Bandung.

Sebentar lagi Mobil Listrik untuk kalangan menengah kebawah, mobil listrik untuk kalangan menengah keatas, mesin mobil untuk pengganti mesin mobil konvensional dan juga motor listrik untuk semua kalangan akan segera hadir. Siapkah kita untuk menyambutnya?

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s