Vitamin D, nutrisi kaya manfaat


Banyak dari kita yang tahu vitamin D itu untuk membentuk tulang yang kuat. Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Vitamin D itu merupakan nutrisi kaya manfaat yang tidak hanya terkait dengan tulang. Cukup banyak manfaat vitamin D sebagai nutrisi tambahan yang harus kita konsumsi setiap harinya. Apa saja manfaat vitamin D?

  • Menambah kekuatan otot
    berdasarkan penelitian di Inggris yang mengambil 99 anak perempuan sebagai responden yang diberikan asupan vitamin D dengan komposisi yang berbeda, kemudian diuji dengan cara melompat dan diukur dengan perangkat yang disebut jumping mechanography untuk mengukur daya dan kinerja. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan responden yang memiliki tingkat vitamin D tinggi mampu melompat lebih tinggi dibandingkan anak perempuan yang asupan vitamin D-nya lebih rendah.
  • mengurangi asma
    Asma merupakan penyakit yang cukup sering menyerang anak kecil. Didalam sebuah website, menyebutkan bahwa asma bisa terjadi akibat penderita mengalami kekurangan asupan Vitamin D selain memang faktor genetika yang mempunyai peran cukup besar. Minum susu segar setiap hari bisa mengurangi potensi munculnya asma pada anak kecil.
  • Mengurangi risiko bayi multi sclerosis
    Multiple sclerosis adalah penyakit yang menyerang system saraf yang dapat berkembang dengan cepat menjadi sangat mematikan. Banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa asupan vitamin D mempunyai peran yang cukup besar dalam mengurangi risiko Multiple Sclerosis. Paparan sinar matahari, ikan berminyak seperti salmon dan mackerel, serta susu cair segar adalah sumber utama vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan.
  • Memperpanjang umur
    Berdasarkan studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, vitamin D dipercaya bisa “memperpanjang umur” kita dengan cara memperlambat penuaan yang dikaitkan dengan peradangan. Orang yang memiliki tingkat vitamin D yang tinggi memiliki leukocyte telomere length (LTL) yang panjang sehingga mengindikasikan tingkat peradangan dan stres yang rendah. Perbedaan LTL antara orang yang mempunyai vitamin D tertinggi dan yang paling rendah setara dengan 5 tahun penuaan. Selain itu, tingkat LTL yang pendek sangat terkait dengan risiko penyakit jantung, indikasi peradangan kronis dan penentu utama dalam biologi penuaan

Selain manfaat diatas, secara umum vitamin D juga berperan mengurangi resiko kanker, penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1 dan rheumatoid arthritis. Minum susu segar rendah lemak merupakan salah satu rekomendasi dari hasil penelitian kini karena susu cair segar rendah lemak menyediakan 75% atau 300 IU vitamin D

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s