Pecahkan rekor, listrik tenaga matahari suplai Jerman 22 Gigawatts


Di negara yang “relatif” minim matahari, Jerman, berhasil pecahkan rekor pemakaian listrik tenaga matahari yang mampu memenuhi kebutuhan listrik setengah dari total kebutuhan listrik Jerman yakni sekitar 22 Gigawatt. Rekor yang tercipta diakhir Mei ini, setara dengan listrik yang disuplai oleh 20 pembangkit listrik tenaga nuklir yang dioperasikan secara penuh. Sebagaimana dilansir dari Guardian, Norbert Allnoch, director of the Institute of the Renewable Energy Industry di Muenster, mengatakan tenaga listrik 22 gigawatts telah masuk ke jaringan listrik nasional Jerman pada hari Sabtu (26/5) waktu setempat yang mampu menyuplai 50% dari seluruh kebutuhan listrik tengah hari di seluruh negara tersebut.

Panel surya di perumahan Freiburg
Photograph: Harold Cunningham/Getty Images

Kebutuhan listrik Jerman yang sangat tinggi akibat mulai ditutupnya sejumlah pembangkit listrik tenaga nuklir yang ada diseluruh Jerman, menyebabkan Jerman harus menggunakan seluruh alternatif sumber energi listrik ramah lingkungan baik dari tenaga angin maupun tenaga matahari. Pemecahan rekor ini menunjukkan bahwa meski Jerman hanya memiliki “sedikit” matahari, namun Jerman mampu menjadi pemimpin dalam penggunaan energi terbarukan dan juga mampu menyuplai lebih dari 20 persen seluruh kebutuhan listrik tahunan dari energi listrik terbarukan tersebut.

Menurut Brian Merchant, yang dikutip dalam Treehugger, menyebutkan bahwa sejak Jerman memutuskan menutup pembangkit tenaga nuklirnya, dan menggantinya dengan energi yang ramah lingkungan, Jerman juga menerapkan sistem a feed-in-tariff (FIT) yang mengharusnya perusahaan listrik untuk membeli listrik dari berbagai produsen listrik baik besar maupun kecil dengan tarif yang sama (flat) yang memungkinkan setiap orang boleh untuk memasang panel surya di rumahnya sebagai pembangkit listrik dan kemudian menyalurkan listrik yang dihasilkan ke jaringan listrik nasional dan mendapatkan penghasilan.

Keberhasilan Jerman dalam memperbarui sumber energi listriknya dari tenaga matahari ini tentunya merupakan sebuah keberhasilan tersendiri dan menunjukkan bahwa energi matahari juga mampu menyuplai kebutuhan sebuah negara. Indonesia seharusnya mampu untuk memanfaatkannya, karena melimpahnya sinar matahari yang mampu dikonversi menjadi listrik yang “seharusnya” mampu menggantikan energi listrik berbahan bakar fosil. Akankah segera terwujud? hanya kebijakan energi dari pemerintah yang akan mampu mewujudkannya.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s