Mobil listrik nasional mulai menampakkan diri


Mobil listrik nasional
sumber : detik.com

Mobil Listrik Nasional, bayi yang lahir dari tangan Pandawa Indonesia

Mobil listrik nasional sudah menjadi bahan pembicaraan beberapa bulan terakhir. Sedikitnya 3 kali menyinggung tentang mobil listrik nasional pada tulisannya yang terangkum dalam Manufacturing Hope. Dan saat ini, mobil listrik nasional sudah mulai berani menampakkan diri.

Pada hari kamis, 07 Juni 2012 sebuah stasiun televisi menampilkan sebuah wawancara khusus dengan pemilik PT Sarimas Ahmadi Pratama (SAP), Dasep Ahmadi bersama Dahlan Iskan yang berlatar belakang prototipe mobil listrik nasional yang pertama kali dibuat oleh para Pandawa. Meski mobil tersebut belum diperkenalkan secara resmi kepada presiden ini, didalam wawancara tersebut kita bisa sekilas melihat bentuk eksterior dan interior calon mobil listrik nasional tersebut. Untuk detilnya silahkan lihat video berikut :

Dan hari ini, Detik mencoba mengulas secara detil spesifikasi prototipe mobil listrik nasional tersebut. Konsumsi listrik merupakan isu utama dan menjadi fitur unggulan mobil ini. Dengan dibekali 36 baterai berjenis lithium yang mampu menyimpan 21 kWh listrik, dapat dipergunakan berjalan sejauh 130 km sebelum baterai harus diisi ulang. Butuh sekitar 4-5 jam pengisian listrik untuk bisa mengisi seluruh kapasitas baterai yang ada dengan menggunakan instalasi listrik rumah. Alternatif lain bisa menggunakan metode fast charging yang cuma menempuh waktu sekitar 30 menit.

Mobil listrik nasional yang memiliki 5 tempat duduk ini terlihat cukup menarik dan tidak seperti mobil-mobil buatan lokal yang cenderung kaku dan kurang disukai masyarakat. Desain mobil ini tampil dengan grill yang cukup menawan dan beberapa eksterior tambahan yang menambah cantiknya mobil ini.

Pelek berukuran 14 inci, Mac Pherson Struts with Coil Spring dan stabilizer untuk varian mobil tertinggi menambah kegagahan eksterior mobil. Untuk interiornya, SAP menambahkan layar touch screen 8 inci yang bisa dipakai untuk mendengarkan musik, CD, MP3 dan bahkan menonton televisi. Multi Information Display (MID) layar sentuh yang mampu menampilkan spedometer atau odometer. Selain itu MID ini bisa menunjukkan sisa jarak tempuh dari tenaga baterai, posisi transmisi serta bisa menunjukan jika ada kerusakan didalam kendaraan.

Mobil listrik nasional ini kan tersedia dalam 3 pilihan varian yakni Standart(S) yang mencapai bobot 800 kg, serta seri Grand(G) dan Deluxe(L) yang berbobot 900 kg. Untuk ukuran mobil listrik nasional ini memiliki panjang 345 cm, lebar 149 cm, dan tinggi 160 cm.

Sudah saat ini rakyat Indonesia mulai bangkit dengan adanya mobil nasional ini. Meski mungkin belum banyak yang diharapkan dari “bayi” yang baru lahir ini. Namun semangat untuk berinovasi dan munculnya “hope” baru didalam masyarakat bisa diawali dengan lahirnya mobil listrik nasional

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s