Adobe tidak berikan dukungan Flash di Android


Berbarengan dengan Event Google I/O 2012, Adobe mengumumkan berita yang cukup mengejutkan mengenai masa depan Flash di Android dimana Adobe tidak akan memberikan dukungan resmi terhadap flash mulai Android versi terbaru yang dirilis pada hari pertama Google I/O 2012, Jelly Bean. Bahkan Adobe berencana untuk menarik aplikasi flash di Google Play pada bulan Agustus mendatang.

Setelah beberapa tahun terakhir, flash memang sudah semakin kesulitan untuk berkembang di ranah mobile atau smartphone sejak Steve Jobs tidak mengijinkan flash menjadi bagian aplikasi di produk mobile milik Apple seperti iPhone, iPad dan iPod Touch. Alhasil, Flash hanya mengandalkan Android untuk meneruskan kelangsungan hidup flash di ranah mobile.

Flash saat ini memang mulai ditinggalkan oleh developer-developer aplikasi dan website akibat banyaknya kekurangan dan mulai beralih ke HTML 5 yang memberikan performa yang mirip dengan Flash namun dengan memberikan keuntungan tambahan yang tidak ditemui di Flash.

Sepertinya kita akan segera menyaksikan akhir dari sebuah aplikasi yang dulu sangat sukses memberikan warna dan tampilan dinamis di website. Meski saat ini baru di versi mobile saja dan Flash versi desktop masih akan terus mendapatkan dukungan resmi dari Adobe. Paling tidak untuk beberapa tahun ke depan.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s