Nexus 7, Tablet Google pertama dengan Android Jelly Bean


Sebelum ajang tahunan Google I/O 2012, rilis Tablet Google dan versi terbaru Android sudah cukup santer didengar. Dan kabar ini bukan isapan jempol, pada Keynote Speaker Google secara resmi meluncurkan Nexus 7 yang merupakan tablet Google pertama yang menggunakan Android Jelly Bean.

Menggunakan merek “flagship” Google untuk produk Androidnya, Nexus 7 diharapkan mampu menjadi produk flagship yang bisa dijadikan patokan bagi tablet-tablet Android lainnya. Nexus 7 yang dibuat oleh Asus ini dibekali dengan spesifikasi yang cukup tinggi meski dibandrol seharga USD 199 untuk pasar Amerika.

Mulai dari prosesor quad-core Tegra 3 yang berjalan pada frekuensi 1.3 Ghz (1.5 Ghz saat berjalan pada 4 core), RAM sebesar 1 GB dan media penyimpanan (storage) yang tersedia dalam 2 pilihan 8 dan 16 GB. Layar IPS 7 inchi dengan resolusi 1280 x 800 mampu menampilkan gambar yang jernih, bluetooth 4, Wi-Fi 802.11b/g/n, NFC dan kamera depan 1,2 MP menambah daya tarik tablet Google ini.

Dan yang tidak kalah menarik, tablet Nexus 7 ini merupakan satu-satunya tablet yang menggunakan versi terbaru Android Jelly Bean. Android Jelly Bean yang merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari versi Ice Cream Sandwich ini mampu memberikan tampilan yang lebih mulus pada saat transisi dan mengurangi lagging seperti yang banyak dikeluhkan pengguna Android.

Dari beberapa review media yang mempunyai kesempatan untuk menjajal Nexus 7 mengaku cukup puas terhadap keseluruhan performa maupun tampilan Nexus 7 ini meski berharga murah. Sebagian diantaranya menganggap Nexus 7 ini akan dijadikan sebagai pesaing langsung dari iPad milik Apple, namun yang lainnya menganggap tablet ini tidak akan berpengaruh kepada iPad karena Nexus 7 lebih ditujukan untuk bisa bersaing dengan Kindle Fire, tablet Android buatan Amazon.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s