BUMN Indonesia go International


Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini mulai bergairah seiring dengan meningkatnya kinerja mereka. Berkurangnya kerugian yang hampir setiap tahun menghantui perseroan dan semakin bertambahnya kemampuan finansial menyebabkan beberapa BUMN bahkan sudah mulai melirik pasar internasional untuk ekspansinya.

Tercatat hari ini, 2 BUMN terkemuka Indonesia melalukan ekspansi ke luar negeri dengan membeli kepemilikan yang tidak tanggung-tanggung, lebih dari 60%. PT Semen Gresik (Persero) Tbk, yang sebentar lagi berubah nama menjadi Semen Indonesia, resmi membeli salah satu perusahaan semen terkemuka di Vietnam, Thang Long Cement senilai US$ 335 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun.

Dengan akuisisi ini akan semakin mengokohkan Semen Gresik sebagai produsen semen terkemuka di ASEAN setelah berhasil mengalahkan produsen semen Thailand beberapa waktu yang lalu. Selain itu, dengan akuisisi ini akan menambah stok semen yang semakin dibutuhkan oleh Indonesia yang tampaknya mulai berbenah diri.

Tidak kalah dengan Semen Gresik, raksasa minyak Indonesia Pertamina, juga mengakuisisi anak perusahaan ConocoPhilips, ConocoPhilips Algeria Ltd di Aljazair senilai US$ 1,75 miliar. Dengan akuisisi ini, Pertamina akan menguasai sekitar 65% hak partisipasi milik ConocoPhilips Algeria Ltd dan mampu menambah produksi minyak Pertamina bertambah 23.000 barel per hari.

Saatnya BUMN Indonesia go international.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s