Pilih Responsive Web Design atau Mobile Site version?


Responsive web design
Courtesy : mashable.com

Perkembangan desain website terus berkembang, salah satu trend design website saat ini adalah Responsive web design. Responsive web design ini berkembang seiring dengan semakin banyaknya penggunaan mobile device yang menyebabkan menurunkan sisi estetika website yang sebelumnya hanya diorientasikan bagi pengunjung yang menggunakan PC desktop. Selain itu rendahnya minat untuk membuat mobile site version juga turut berpengaruh terhadap perkembangan Responsive web design ini. Hal ini kemudian menjadi salah satu alternatif baru bagi pemilik website untuk mengembangkan website yang kompatibel dengan tampilan website di mobile device. Tapi lebih cocok mana? rensponsive web design atau mobile site version?

Sejak awal perkembangan web design, mobile site version muncul terlebih dahulu akibat adanya kebutuhan akses dari mobile device kala itu dimana sistem html dan juga pemrograman masih belum secanggih saat ini. Mobile site ini dibuat terpisah dari web design utama yang diperuntukkan untuk PC Desktop dengan memakai subdomain tersendiri untuk membedakan tampilannya. Meski teknologi permrograman saat ini juga sudah mampu membuat design mobile web yang cukup atraktif namun penggunaan mobile version ini seakan-akan menambah pekerjaan programmer menjadi 2 kali lipat. Dan salah satu solusinya adalah rensponsive web design.

Penggunaan mobile web design ini cukup baik untuk memberikan pengalaman berkunjung ke sebuah website yang berbeda dengan versi PC desktop. Selain itu, adanya kesatuan design antara tampilan versi layar PC dengan mobile device, memberikan kemudahan bagi developer website untuk bisa fokus pada satu versi website saja. Selain itu, fleksibilitas interface website akan memudahkan pengaturan konten dan prioritas konten yang ingin ditampilkan oleh pemilik website. Bahkan, Google pun tidak segan-segan merekomendasikan penggunaan Responsive web design ini yang dianggap akan memudahkan developer dalam mengembangkan website mereka.

Namun dari semua kelebihan Responsive web design, ada beberapa kelemahan pada pembuatan responsive web design ini antara lain adalah waktu pembuatan website yang lebih lama karena harus adanya penyesuaian tampilan website untuk semua jenis mobile device dan perlunya pengetesan berulang-ulang untuk memastikan fungsi interface yang dinamis tersebut berjalan dengan optimal. Selain itu, dengan adanya interface yang dinamis, maka akan ada keterbatasan design akibat adanya fleksibilitas tampilan.

Jadi, pilih mana? Responsive Web Design atau Mobile Site version?

One Comment Add yours

  1. Julka Hendri mengatakan:

    Tentu design reaponsive, lebih menghemat waktu dalam mendesign halaman. Jika menggunakan mobile version tidak baik untuk seo, akan terlihat sebagai duplicate content sebab menggunakan url yang berbeda

    Suka

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s