Lumba-lumba Air Tawar Menuju Kepunahan


Ikan lumba-lumba yang selama ini kita kenal adalah lumba-lumba yang hidup di laut, dan bahkan cerita anak-anak pun lebih banyak bercerita tentang binatang yang hidup di air asin tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata lumba-lumba pun ada yang hidup di air tawar?

Lumba-lumba air tawar ini memang tidak banyak bisa kita ketemukan. Habitat yang diketahui sebagai tempat keberadaan lumba-lumba air tawar ini ada di aliran sungai Gangga dan Brahmaputra di India, Sungai Mekong dan Irrawaddy di Vietnam serta di aliran sungai Amazon. Sedikitnya populasi lumba-luma air tawar ini jugalah yang menyebabkan spesies ini cenderung tidak banyak orang yang mengetahuinya karena minimnya penelitian terhadap lumba-luma air tawar.
Menurut data WWF, lumba-lumba air tawar di sungai Gangga tercatat sekitar 1200 – 1800 ekor yang sekarang akan terancam punah akibat adanya pembangunan bendungan-bendungan di aliran sungai yang menjadi habitatnya. Di sungai Yangtze China, sebelumnya tercatat juga menjadi salah satu habitat lumba-lumba air tawar ini namun kini keberadaannya sudah dianggap punah karena tidak lagi bisa ditemukan di sekitar aliran sungai tersebut.

Namun upaya pencegahan kepunahan lumba-lumba air tawar bukanlah suatu hal yang tidak mungkin meski masih cukup minim data mengenai perilaku dan perkembangbiakannya. Hal ini jika dilihat dari keberhasilan Acuario de Valencia, salah satu taman rekreasi di Valencia, Venezuela yang berhasil melatih lumba-lumba air tawar di taman tersebut.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s