Dibalik Meledaknya Roket Antares


Pada hari Selasa malam waktu setempat, NASA gagal meluncurkan roket tanpa awaknya, Antares, yang sedianya akan mengirimkan perbekalan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan juga perlengkapan untuk keperluan eksperimen sains. Kegagalan peluncuran ini dikarena roket meledak sesaat setelah takeoff.

Berdasarkan informasi Brad Scriber, Responden dari National Geographic, mengungkapkan bahwa sesaat setelah meluncur, roket Antares mengalami kegagalan fungsi (malfunction) yang menyebabkan NASA menggagalkan peluncuran roket dan meledakkannya agar sejak dini agar tidak berdampak lebih luas akibat roket terbang lebih tinggi.

Yang menarik, ternyata dari keseluruhan proses peluncuran roket yang menggunakan sistem canggih dan ketat ini, peran mata dan pengambilan keputusan dari pejabat keamanan yang bertugas mengawasi keamanan selama proses penerbangan roket sangat menentukan. Brad Scriber menyebutkan setidaknya 2 pejabat yang bertugas memantau secara manual dan bekerja cukup dekat dengan posisi roket saat roket mulai meluncur.

Keputusan dari pejabat keamanan ini mempunyai risiko yang sangat tinggi, kesalahan analisa bisa membuang percuma dana pengembangan roket yang mencapai ratusan juta dollar seperti yang sempat terjadi pada meledaknya Roket milik NASA tahun 1962 silam akibat kesalahan pemakaian kode hyphen (-)

Ini menggambarkan bahwa ternyata keseluruhan proses peluncuran pesawat atau roket ke luar angkasa membutuhkan ketelitian dan pengawasan yang sangat presisi, kesalahan sedikit akan mengakibatkan kerugian baik material mau korban jiwa. Untungnya kasus meledaknya roket Antares ini tidak memakan korban jiwa.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s