Komunikasi Nirkabel 4G LTE Siap Mempercepat Akses Internet Indonesia


Meski Indonesia memiliki populasi pengguna mobile device yang sangat banyak, namun secara kualitas, dalam hal ini kecepatan akses internet melalui jaringan nirkabel yang disediakan oleh provider telekomunikasi Indonesia masih cukup tertinggal dengan negara-negara lain. Namun sepertinya ketertinggalan ini bisa segera teratasi, beberapa provider telekomunikasi telah mempersiapkan jaringannya untuk mendukung pemakaian jaringan komunikasi kecepatan tinggi LTE secara massal di Indonesia yang diharapkan mampu mempercepat akses internet di seluruh wilayah yang tercover jaringan provider telekomunikasi.

Adalah perusahaan telekomunikasi baru bernama Internux yang berhasil menjadi penyedia layanan internet dengan teknologi 4G Long Term Evolution atau yang biasa dikenal teknologi LTE dengan meluncurkan produk Bolt. Layanan Bolt ini hanya tersedia untuk komunikasi internet saja tanpa tersedia fitur komunikasi lainnya seperti telepon atau SMS dan jangkauannya sampai dengan saat ini hanya disekitar Jabodetabek saja.

Kini, penyedia komunikasi LTE tersebut akan semakin banyak dengan munculnya publikasi dari 3 provider terbesar di Indonesia, XL, Telkomsel dan Indosat yang mulai mempersiapkan jaringan LTE di jaringan BTS yang mereka miliki. XL bahkan sudah menampilkan iklannya secara besar-besaran meski komersialisasi penggunaan teknologi ini masih belum bisa dilakukan karena terhambat regulasi yang belum selesai.

Bila XL masih belum bisa menentukan jumlah kota dan kota mana saja yang akan disambangi jaringan LTE untuk pertama kalinya, lain halnya dengan Telkomsel dan Indosat. Terkomsel siap mengkomersialkan 4G LTE di 5 kota besar di Indonesia meski belum terungkap kota mana saja yang diincar. Begitu juga dengan Indosat yang sudah menyiapkan jaringannya dilebih dari 23 kota di seluruh Indonesia.

Semoga tahun depan, Indonesia bisa segera menikmati jaringan dengan kecepatan tinggi ini.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s