Layanan Penyingkat URL (Shorten URL) dari Indonesia


layanan penyingkat url dari IndonesiaLayanan penyingkat url website halaman website sudah cukup familiar dikalangan netizen karena fungsinya cukup baik untuk menyebarkan sebuah link tanpa harus menuliskan url tersebut selengkapnya karena terlalu panjang dan susah untuk diingat. Cukup banyak layanan yang tersedia mulai dari Bit.ly, Goo.gl dan lain sebagainya. Namun layanan ini jarang terdengar yang berasal dari Indonesia. Kalopun ada biasanya bukan layanan shorten link yang terbuka bagi umum dan hanya digunakan oleh website-website tertentu saja. Namun sekarang muncul satu lagi layanan penyingkat url asli Indonesia yaitu s.id.

S.id ini adalah website penyedia layanan penyingkat url yang dibuat oleh Pandi yang mungkin menangkap kebutuhan akan layanan seperti ini yang cukup besar, apalagi Indonesia merupakan salah satu penggunan Twitter yang cukup besar di dunia. Layanan ini mempunyai peranan yang cukup vital pada social media Twitter karena adanya batasan karakter yang bisa dimasukkan dalam setiap tweet. Meski social media lainnya tidak terlalu membatasi jumlah karakter namun cukup banyak pengunjung yang memanfaatkan layanan shorten url ini dalam setiap sharing yang dibuatnya.

S.id dibuat dengan interface yang sangat sederhana, dimana hanya muncul image background dengan ukuran fullscreen dan box input untuk memasukkan url yang akan dipersingkat. Selain itu, website ini memungkinan penggunanya bisa melakukan login sebagai member agar bisa mengorganisasi url-url yang dibuatnya dan membaca traffic kunjungan yang berasal dari shorten link tersebut.

Cara penggunaan layanan ini cukup mudah karena pengguna bisa langsung tanpa melakukan login. Setelah kita melakukan proses penyingkatan layanan, akan muncul beberapa opsi seperti copy, edit shortened link, dan share shortened link.

Tombol edit ini berfungsi untuk mengubah shortened url menjadi url yang lebih cantik dan sesuai dengan keinginan kita dibandingkan dengan url awal yang berisi karakter random.

shorten link tanpa login

Untuk menjadi member layanan ini, tersedia form signup yang simpel dan tersedia opsi login menggunakan login via social media. Setelah memasukkan data-data yang diminta seperti nama lengkap dan tanggal lahir, user akan masuk ke halaman “dashboard” yang berisi daftar shorten url yang sudah dibuat.

tampilan setelah login

Dari setiap daftar shortened url, terdapat link yang bisa digunakan untuk mengakses statistik penggunaan url tersebut mulai dari total visitor, today’s visitor, daily traffic, dan website refferal.

Sampai dengan saat ini semua fitur tersebut bersifat gratis dan dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh pengguna.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s