Kenali Telur Berkhasiat


aneka-nutrisi-telur-berdasarkan-pakannya

Telur merupakan salah satu makanan yang biasa tersaji dimeja makan. Cukup banyak aneka macam telur yang dikonsumsi oleh manusia, mulai dari telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh dan lain sebagainya. Sebagai telur yang paling banyak dikonsumsi, saat ini di pasaran banyak dijual telur ayam yang mengklaim keunggulan kandungan nutrisinya. Perbedaan komposisi gizi ini sangat dipengaruhi oleh jenis pakan yang diberikan pada ayam.

  • Telur Omega 3
    Ayam yang diberi pakan dengan formulasi lemak omega 3 tinggi akan menghasilkan telur yang juga kaya omega 3. Sebagai perbandingan, pada label salah satu produk telur omega 3 dituliskan bahwa sebutir telur biasa berukuran 60 g mengandung omega 3 sebanyak 38 mg, sedangkan pada telur omega 3 kandungannya bisa mencapai 618 mg.
  • Telur Rendah Kolesterol
    Telur dikatakan rendah kolesterol jika kandungan kolesterolnya minimal lebih rendah 25% dari telur biasa. Telur ini umumnya dihasilkan dari ayam yang pakannya selain diberi jagung atau beras, juga ditambahkan ampas buah merah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh (PUFA/Poly Unsaturated Fatty Acid) tinggi sehingga dapat menekan kadar kolesterol jahat.
  • Telur Kaya Vitamin A
    Didapat dari ayam yang pakannya banyak mengandung zat karotenoid (pro vitamin A) seperti jagung dan ampas buah merah. Telur kaya vitamin A ditandai oleh warna kuningnya yang terlihat lebih kuning, bahkan kemerahan.
  • Telur Vegetarian
    Telur ini dihasilkan dari ayam yang seluruh pakannya berasal dari sumber nabati. Kalau dalam pakan ayam biasa sering ditambahkan sumber kalsium dari hewani (misalnya tepung tulang ikan atau sapi), untuk ayam petelur vegetarian, biasanya sumber kalsiumnya diganti dengan kalsium dari batu gamping yang sudah diolah hingga menjadi mineral yang food grade (aman dikonsumsi).

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s