Motor Listrik Asli Indonesia Segera Mengaspal


Adalah Garansindo, salah satu importir produk otomotif terkemuka di Indonesia yang menggandeng Intitut Teknologi Surabaya (ITS) untuk mengembangkan motor asli Indonesia yang berbasis tenaga listrik. Setelah sekian lama ide motor listrik tersebut dikembangkan secara mandiri oleh mahasiswa ITS, akhirnya motor tersebut mulai terwujud dan Garansindo pun sudah mulai memberikan estimasi rentang harga jual motor tersebut dan jadwal rilisnya. Mereka menamakan motor listrik tersebut Gesits yang merupakan singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS.

Sempat ingin dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show 2016, namun akhirnya batal. Akhirnya motor listrik ini pertama kali di Youtube yang menunjukkan sesi test drive motor listrik ini diruangan tertutup. Impresi pertama cukup mengesankan. Tampilan body motor yang cukup menarik, bahkan beberapa menganggap cukup mirip dengan Honda Vario 125.

Motor ini diklaim oleh Garansindo memiliki kemampuan setara dengan motor bensin 125cc dan durasi charging yang relatif singkat. Garansindo pun juga menepis kekuatiran masyarakat terhadap kemampuan jelajah motor ini dengan memunculkan ide baterai refill yang bisa dibeli di supermarket atau SPBU terdekat. Ide ini sepertinya mencontoh sistem distribusi LPG.

Dengan adanya sistem tersebut, pengendara motor listrik bisa pergi kemanapun tanpa perlu kuatir baterai kehabisan listrik, apabila listrik sudah menipis pengendara cukup pergi ke supermarket atau SPBU terdekat untuk membeli baterai yang baru dengan menukarkan baterai dimotor.

Meski masih banyak kekuatiran yang lain, khususnya terkait dengan durabilitas baterai sebagai komponen utama motor listrik ini, namun seiring dengan kemajuan teknologi kelak, teknologi baterai tentunya akan terus meningkat sehingga baterai motor diharapkan bisa lebih awet dan mampu menyimpan tenaga listrik lebih banyak agar tidak terlalu sering melakukan charging.

Teknologi Android pun turut disematkan oleh mahasiswa ITS sebagai pemandu kondisi kendaraan yang disematkan di dashboard motor Gesits. Dashboard berbasis Android ini akan menampilkan informasi kondisi baterai dan juga kecepatan motor saat berjalan dan lain sebagainya.

Ide pengembangan kendaraan berbasis listrik baik kendaraan roda empat (mobil) maupun roda dua (motor) sebenarnya sudah sejak lama. Mulai mencuat sejak Dahlan Iskan masih menjadi menteri BUMN, dia memanggil beberapa ahli dibidang listrik dan otomotif untuk mengembangkan kendaraan listrik yang kemudian dijuluki pandawa putra petir yang menghasilkan beberapa prototype kendaraan roda, seiring berjalannya waktu, yang diwarnai dengan beberapa kasus mulai dari kecelakaan hingga salah satu putra petir harus terseret kasus korupsi.

Namun, dengan adanya inisiasi dari Garansindo dan juga mahasiswa dari ITS, semoga industri otomotif Indonesia bisa lebih mandiri dan memberikan alternatif kendaraan yang ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.

Mari Berdiskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s